Sabtu, 17 Oktober 2015

BISNIS YANG INGIN DILAKUKAN



BISNIS BIOSKOP XXI


Berawal dari hobi nonton, saya ingin sekali mempunyai bisnis bioskop. Saya mempunyai impian bisa memiliki gedung bioskop sendiri, dengan harapan saya bisa menonton film-film kesukaan saya maupun film-film yang sedang trend tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis :-). Saya juga bisa menonton film kapan pun waktunya, baik hari kerja maupun saat weekend. Dari keinginan itulah, saya ingin membuka bisnis bioskop.
Bioskop favorit saya adalah bioskop XXI. Karena dengan harga tiket yang relatif sama dengan bioskop lain, tapi fasilitas yang dimiliki lebih nyaman. 

Peluang usaha untuk membuka bisnis bioskop di Indonesia masih sangat besar, apalagi dengan membuka bisnis bioskop akan mendapatkan keuntungan hingga milyaran rupiah. Tentunya, untuk mendapatkan keuntungan yang milyaran itu dibutuhkan modal yang besar dan juga resiko yang besar pula. Semakin besar resiko, semakin besar pula keutungan yang didapat, begitu pula sebaliknya.

Bioskop XXI menyediakan film-film dalam bentuk 2D, 3D, dan 4D. Omset yang diperoleh setiap bulannya juga sangat besar bahkan bisa mencapai milyaran rupiah. Untuk membuka usaha Bioskop XXI ini bisa dimulai dengan penjualan tiket. Untuk film luar negeri harganya tentu berbeda dengan film dalam negeri. 

Untuk membuka usaha ini diperlukan modal yang sangat besar, apalagi Bioskop XXI merupakan bioskop terbesar di Indonesia yang tersebar di kota-kota besar. Dari omset yang didapatkan oleh Bioskop XXI setiap bulannya, 40% untuk pemilik film, 50% untuk pemilik bioskop, dan 10% untuk pajak daerah. Untuk gaji karyawan bisa didapatkan dari penjualan makanan dan minuman ringan yang dijual di bioskop.

Butuh dana milyaran rupiah untuk membangun usaha Bioskop XXI karena sebuah bioskop memerlukan ruangan yang besar dan fasilitas yang lengkap. Tidak sekedar itu, film-film yang harus ditayangkan adalah film-film yang baru dirilis dan masuk dalam kategori 2D, 3D, dan 4D. Harga tiket masuk pun harus dibedakan antara 2D, 3D, dan 4D.

Target konsumen dari Bioskop XXI adalah kalangan menengah ke atas, terutama para remaja dan dewasa. Ada pula film yang di khususkan untuk anak-anak, tetapi harus dengan bimbingan orangtua. Jika ditanya lokasi usaha yang diinginkan, saya ingin membuka di daerah Buaran, Jakarta Timur. Karena di daerah tersebut belum ada bioskop modern dan tentunya peminatnya banyak. Kawasan Buaran pun sudah banyak tempat-tempat hang-out para remaja yang ramai dikunjungi, sehingga mudah untuk menarik pelanggan untuk datang menonton bioskop. 

Bisnis Bioskop XXI memang terbilang sulit, tetai hasil yang diperolehnya tentu sangat menjanjikan. Meskipun pihak XXI harus juga mengeluarkan banyak pengeluaran, seperti biaya listrik, air, telepon, gaji karyawan, biaya operasional, dan lain-lain, tetapi keuntungan dari hasil penjualan tiket saja sudah sangat menggiurkan. Belum lagi dari hasil penjualan makanan dan minuman ringan yang dijual di dalam bioskop. Apalagi mengingat semakin banyak orang-orang yang menjadi penikmat film-film di bioskop, tentu saja peluang usaha ini sangat potensial.

Semoga dalam beberapa tahun kedepan, saya bisa mewujudkan impian saya ini, yaitu membangun usaha Bioskop XXI. 

Amiiiin.... :-)


REFERENSI :

peluangbisnis8usaha.blogspot.co.id/2014/10/usaha-bioskop-xxi.html





1 komentar: