Sabtu, 09 Januari 2016

BISNIS

PELUANG BISNIS DI TAHUN 2016

  1. Peluang Bisnis Kreatif 2016
Peluang bisnis kreatif sendiri merupakan salah satu segmen bisnis yang mampu menghasilkan peluang usaha baru, hal ini karena segmen bisnis kreatif merupakan segmen bisnis yang dibangun berdasarkan daya kreatifitas pelaku usahanya. Sehingga dapat dipastikan bahwa sektor usaha kreatif akan menghasilkan sebuah peluang usaha yang baru dan tidak akan sama dengan peluang usaha yang telah ada sebelumnya, karena tingkat atau daya kreatifitas setiap pelaku usaha akan selalu berbeda dan tidak selalu sama. Ide-ide bisnis baru pun akan timbul melalui segmen bisnis tersebut, seperti contohnya membuat makanan camilan unik.
Mengapa usaha bisnis camilan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan ?
a.       Makanan merupakan suatu kebutuhan
Camilan juga merupakan jenis Makanan. Kita pasti sudah tahu bahwa makanan merupakan kebutuhan primer (kebutuhan yang wajib terpenuhi) bagi manusia. Karena alasan inilah maka yang namanya industri kuliner termasuk camilan dipastikan tidak akan pernah mati.
b.       Semakin Banyaknya Penduduk
Jika makanan merupakan suatu kebutuhan primer maka bagaimana jika manusia selalu mangalami pertumbuhan (manusia semakin banyak) maka dapat disimpulkan bahwa semakin banyak kebutuhan makanan yang harus dipenuhi. Bukan hanya makanan pokok, tetapi makanan ringan kini sudah menjelma juga sebagai makanan yang pokok untuk dikonsumsi
c.        Kemudahan Camilan
Jika dibandingkan dengan jenis makanan lain yang dalam mengkonsumsinya diperlukan tempat tertentu, berbeda dengan camilan. Pada hakikatnya sangat banyak sekali jenis camilan yang sangat berpotensi dipasaran. Berikut ini inspirasi bisnis camilan yang patut dicoba:
-        Keripik merupakan jenis cemilan yang paling popular dipasaran. Salah satu contohnya adalah Keripik pedas berbahan baku singkong/kentang. Apalagi sekarang bukan hanya dari singkong dan kentang, ada keripik dengan bahan dasar ubi manis, sayuran hijau, bahkan ada yang dari buah-buahan. Jenis makanan ringan keripik kini makin populer dan lagi laris-larisnya dipasaran. Kepintaran dalam memanajemen pemasaran inilah yang menjadi alasan kenapa produk keripik mampu bersaing di Industri kuliner dalam negeri dan tidak menutup kemungkinan camilan keripik ini bisa merambah pasar luar negeri.
-        Kacang-kacangan, banyaknya jenis varian kacang menjadikan industri makanan yang menggunakan bahan dasar kacang sebagai bahan utama semakin hari semakin bertambah. Disamping itu, karena bentuknya yang minimalis menjadikan kacang dijadikan sebagai salah satu kudapan lezat yang bisa dibawah kemana-mana.
-        Biskuit, merupakan jenis camilan yang tergolong makanan ringan. Karena semakin berkembangnya industri biskuit dipasaran menunjukkan bahwa biskuit merupakan salah satu camilan yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dipasarkan.
  1. Peluang Bisnis Online
Peluang bisnis online sendiri juga tentunya merupakan salah satu peluang bisnis baru yang dapat dijalankan di tahun 2016 mendatang, peluangnya sendiri dapat dikatakan sangatlah prospektif terlebih jika mengingat bahwa pada saat ini kebutuhan akan internet sendiri semakin meningkat. Hal tersebut tentu saja menandakan bahwa dewasa ini pengguna internet sendiri terus bertambah setiap harinya, dan hal tersebut juga tentunya dapat dimanfaatkan sebagai sebuah peluang bisnis yang baru dimana banyak sektor usaha yang dapat dijalankan secara online. Ada banyak sekali lahan bisnis online di internet, berikut ini adalah salah satunya.
a.       Affiliate Marketing, adalah suatu usaha bisnis internet dengan cara menjualkan produk orang lain di internet, kemudian dari setiap penjualan yang terjadi, maka kita akan memperoleh komisi dari penjualan tersebut. Biasanya sistem komisinya bagi hasil 50% : 50% atau 30% : 70%. Tetapi ada juga advertiser yang mau memberikan komisi lebih besar misalnya 70% untuk affiliate dan 30% untuk advertisernya.Kok bisa? Ya itu karena affiliate marketer tersebut sudah memiliki kredibelitas tinggi dan ahli dibidangnya, jadi mereka berani menaikkan harga komisi.
b.      PPC (Pay Per Click), hampir semua pebisnis online mengikuti program ini, karena sangat mudah dan simpel. PPC (Pay Per Click) adalah suatu program dimana kita akan dibayar jika ada yang mengklik iklan yang ada di website atau blog kita. Komisi yang diberikan bervariasi, misalnya ada yang dibayar $0,01 sampai $20 per kliknya atau bahkan lebih.
c.       PTR (Paid To Review) adalah salah satu sumber untuk mendapatkan uang dari internet dengan aktivitas ngeblog kita. Caranya adalah kita mereview atau menulis artikel tentang produk dari advertiser/pemasang iklan.
d.      Membuat produk sendiri, untuk yang memiliki kemampuan lebih dalam suatu bidang tertentu, ada baiknya membuat sendiri produk anda dengan menjual ide atau keahlian anda yang dikemas dalam produk digital seperti ebook, software, dan video training.
Dengan memiliki produk sendiri berarti keuntungan jadi lebih tinggi.
e.       Sistem keanggotaan berbayar.
f.       Domain Parking, anda dapat memanfaatkan domain kosong anda atau anda sengaja membeli beberapa domain kosong untuk di parking.
Domain kosong tersebut bisa diisi dengan iklan sehingga anda akan mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.
g.       Toko Online / Online Store
h.      Services / Layanan
i.        Forex Online Trading
j.        Layanan Domain dan Hosting
  1. Peluang Bisnis Jasa
Peluang usaha jasa sendiri juga dikenal mampu menghasilkan sebuah peluang usaha yang baru, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa semakin dini kebutuhan dari setiap individual pun akan selalu meningkat dan berbeda-beda. Dan dengan sifat manusia yang tidak dapat hidup dan mengerjakan berbagai macam hal sendirian, tentunya bisnis di bidang jasa sendiri akan selalu dibutuhkan dari masa ke masa, karena memang diprediksikan untuk waktu yang akan datang seiring dengan padatnya aktifitas dari setiap individual maka berbagai macam jasa pun akan semakin banyak dibutuhkan. Dan dengan kebutuhan yang berbeda-beda dan meningkat setiap waktunya, maka hal tersebut juga akan selalu menghasilkan sebuah peluang usaha jasa yang baru.
  1. Peluang Bisnis Makanan
Walaupun segmen bisnis tersebut bukanlah merupakan segmen bisnis baru pada saat ini, namun jika produk makanan yang dihasilkan terhitung inovatif dan juga baru maka tidak menutup kemungkinan jika segmen bisnsi yang bergerak di bidang kuliner pun dapat menjadi sebuah peluang bisnis makanan yang baru. Seperti salah satu contohnya adalah bisnis makanan kemasan siap saji, karena seperti yang telah dijelaskan di atas tadi adalah bahwa dewasa ini dengan meningkatnya aktifitas dari setiap individual maka mereka pun akan cenderung membutuhkan berbagai macam hal yang instan, dan salah satunya adalah makanan. Seperti contohnya membuat makanan cepat saji seperti rendang, atau semur ayam yang dikemas dalam kemasan kedap udara, sehingga ketika akan dikonsumsi hanya tinggal menghangatkannya di penghangat makanan.
  1. Peluang Bisnis Makanan Organik
Selain jenis makanan cepat saji di atas, jenis makanan sehat seperti makanan yang dibuat dari berbagai macam sayuran atau buah-buahan organik di masa yang akan datang tentunya dapat menjadi sebuah peluang bisnis baru yang masih prospektif dan menjanjikan. Salah satu contohnya adalah membuat mie instan dengan bahan sayuran organik seperti brokoli, bayam, ubi jalar, hingga dapat menggunakan jenis sayuran lainnya, peluang bisnis ini dikatakan prospektif karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sebagian besar masyarakat Indoensia sendiri memang gemar mengkonsumsi mie instan. Dan jika anda dapat membuat mie yang lebih sehat, tentunya hal tersebut akan menjadi sebuah produk yang baru sekaligus sebuah peluang bisnis yang baru di tahun 2016 yang akan datang.
REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar